Babinsa Kelurahan Parang Hadiri Musyawarah Masyarakat Desa


Magetan - Babinsa Koramil 0804/04 Parang Kodim 0804/Magetan Serda Rohadi menghadiri kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) dalam rangka menemukan solusi kesehatan masyarakat desa di Aula Kantor Kelurahan Parang Kec. Parang  Kab. Magetan Kegiatan MMD dihadiri oleh Kepala Puskesmas yang diwakili Drg Nuraini, Kepala Kelurahan Parang Ibu Ambar Agustin, Babinsa Kelurahan Parang Serda Rohadi,Babinkamtibmas Kelurahan Parang Bripka Erwin Ketua BPD Bidan Desa dan 50 orang tokoh masyarakat.Kamis/27/12/2018.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Puskesmas Parang yang diwakili Drg Nuraini menyatakan “Salah satu upaya untuk mengantisipasi masalah kesehatan tersebut adalah dengan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat melalui MMD yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal secara mandiri “. Dengan perkataan lain masyarakat diharapkan mampu berpartisipasi aktif dalam memelihara dan meningkatkan derajat kesehatannya sendiri. merupakan upaya strategis dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat . Peran masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan.

Tindakan preventif dan promotif juga diperlakukan di dalamnya dalam membentuk pola hidup sehat dan kesehatan yang berbasis pada masyarakat. Desa siaga atau Kelurahan adalah suatu kondisi masyarakat tingkat desa yang memiliki kesiapan sumber daya potensial yang di harapkan mampu mengatasi masalah kesehatan secara mandiri. MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) yang bertujuan untuk menentukan prioritas masalah, pemecahan masalah dan kesepakatan tindak lanjut dengan memanfaatkan potensi yang ada.

Kesepakatan dalam kegiatan musyawarah masyarakat desa yaitu membuat jamban, menanam apotik hidup dan menghidupkan posyandu supaya Masyarakat akan sadar begitu pentingnya Kesehatan itu. (R. 04)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saka Wira Kartika Binaan Koramil 0804/08 Barat dibekali Materi Kompas

Pengajian Haul KH. Abdul Karim Joyodipuro Almarhum Pimpinan Pondok Pesantren Singo Wali Songo Desa Becok

Babinsa Koramil 04 Parang Hadiri Pengajian Umum di Desa Binaanya