Danramil 0804/06 Maospati Bersama Forkopimca Hadiri Rapat RDK Sosialisasi Pemilu


Magetan - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Maospati  menggelar acara RDK di Kantor Panwaslu Kecamatan Maospati , Selasa malam (18/12/2018).

Acara itu mengundang perwakilan Organisasi Masyarakat Sipil, Organisasi Kepemudaan, Hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Koramil 0804/06 Maospati Kapten Inf Suryo Margono, Kapolsek Maospati Kompol Basuki Dwi Koranto SH, Camat Maospati Bapak Andri Rahman Hakim S.ip dan Ketua Panwaslu Kecamatan Maospati Sdr. Avip Yuka.

Satu di antara bahan diskusi yang menarik pada RDK itu adalah komitmen dan kewajiban jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam menindaklanjuti laporan ataupun temuan dugaan pelanggaraan pemilu.

Ketua Panwaslu Kecamatan Maospati Sdr. Avif Yuka mengatakan bahwa jajaran Bawaslu pada Pemilu 2019 mendatang akan memiliki kewenangan dan kewajiban untuk mengambil putusan penyelesaian sengketa pemilu. Sementara untuk kategori pidana pemilihan akan diselesaikan lewat Sentra Gakkumdu. Jajaran Bawaslu wajib untuk menindaklanjuti laporan tersebut hingga tuntas. Karena komitmen dan kewajiban tersebut, Sdr. Avif Yuka menuturkan pihaknya berharap masyarakat berani melapor jika ditemukan adanya indikasi pelanggaran permilu.

Masyarakat juga diminta mengawal laporan atau temuan itu sampai ada keputusan dan diumumkan ke publik. " jika terjadi laporan ataupun temuan dugaan pelanggaran, maka hal tersebut tetap dan wajib ditindaklanjuti hingga tuntas " jelas Ketuan Panwaslu Maospati.

RDK yang digelar tersebut adalah bentuk peran jajaran Bawaslu RI menyediakan ruang untuk membangun sinergi, harmonisasi pengawasan, dan sosialisasi partipasi kepengawasan pemilu. untuk melakukan pengawasan bisa dilakukan masyarakat dengan cara, memetakan potensi pelanggaran, temukan trend/bentuk pelanggaran, identifikasi dan Pilih skala prioritas, dilanjutkan dengan menyusun kebijakan tentang fokus  diharapkan nantinya masyarakat bisa aktif untuk melaporkan jika nanti adanya pelanggaran. Selama giat berjalan dengan tertib aman dan lancar. [R06]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saka Wira Kartika Binaan Koramil 0804/08 Barat dibekali Materi Kompas

Pengajian Haul KH. Abdul Karim Joyodipuro Almarhum Pimpinan Pondok Pesantren Singo Wali Songo Desa Becok

Babinsa Koramil 04 Parang Hadiri Pengajian Umum di Desa Binaanya