Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk Semarakan Tasyakuran Di Desa Ngiliran


Magetan. Babinsa desa Ngiliran Serma Jumadi menghadiri dan mengikuti kegiatan bersih desa Ngiliran dengan mengadakan tasyakuran serta melaksanakan pagelaran wayang kulit sebagai simbul menanamkan seni budaya peninggalan nenek moyang, yan dilaksanakan di Rumah Bpk Kepala Desa ngiliran kecamatan panekan kab.Magetan ( 11desember 2018).

Hadir pada acara bersih Desa ngiliran antara lain Forkopimca Panekan. ( Camat panekan Bpk Djuri S. sos, Babinsa dan Babinkamtibmas desa Ngiliran,Kades ngiliran beserta perangkat desa,
Ketua BPD Desa ngiliran, tokoh Agama,tokoh adat,tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.serta Warga Desa ngiliran ±1000 orang.

Acara ini diselenggarakan rutin seperti seluruh  Desa di kecamatan Panekan hampir setiap tahunnya mengadakan acara adat Tasyakuran bersih desa diantaranya Desa Ngiliran .Dalam pagelaran wayang kulit semalam suntuk oleh dalang Kh. Bintora dari Palur Solo.

Acara di awali pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh ustad Mursid dan Do'a oleh Kyai Dr.Sahudi,agar  kegiatan bersih desa ini barokah diberi kelancaran keselamatan dan keamanan. Tujuan bersih desa ini  yaitu mewujudkan rasa syukur dan taqwa kepada Allah SWT, dan  adat istiadat desa ngiliran yg tidak pernah di lupakan, guna menjalin rasa silaturrohmi dan kerja sama antara warga untuk saling menciptakan kebersamaan, kekompakan, gotong royong juga mengadakan hiburan rakyat.

Dalam sambutan  Kepala desa Ngiliran mengucapkan selamat datang kepada Forkopimca panekan yg sudi meluangkan waktunya bisa hadir dlm acara  pagelaran wayang kulit dalam rangka bersih desa. Harapan kami kedepan supaya Desa ngiliran tetap dlm lindungan Allah SWT dan masyarakat dalam kehidupan keseharianya bisa tentram gemah ripah loh jinawi dan mengharap semoga acara ini berjalan lancar, tertib dan aman.

Camat Panekan Bpk Djuri,  S. sos juga meyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dari seluruh warga desa ngiliran dan mengharap supaya budaya dan tradisi ini tetap terjaga dan tetap berjalan, karena kita ini sebagai generasi penerus yg wajib menjaga dan melestarikan budaya ini, dan juga mudah mudahan warga Desa Ngiliran di berikan kekuatan keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT. tegas bapak Djuri.  S. sos.

Dengan diawali dengan penyerahan wayang kulit dari Kades Ngiliran Bpk.karmo kepada dalang Kh.bintoro, maka di mulailah acara pagelaran wayang kulit dengan lakon Wahyu Sejati. Pagelaran wayang kulit ini berakhir pada pukul 02.00 wib,  Babinsa dan Babinkamtibmas dibantu anggota linmas  melaksanakan pengamanan sehingga kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan tertib. (R. 03)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saka Wira Kartika Binaan Koramil 0804/08 Barat dibekali Materi Kompas

Pengajian Haul KH. Abdul Karim Joyodipuro Almarhum Pimpinan Pondok Pesantren Singo Wali Songo Desa Becok

Babinsa Koramil 04 Parang Hadiri Pengajian Umum di Desa Binaanya