Cegah Penyebaran Nyamuk Deman Berdarah Babibsa Kelurahan Tambran Turut Laksankan Fogging


Magetan - Babinsa Kelurahan Tambran Kopka Widodo bersama petugas dari Dinas Kesehatan Kab. Magetan melaksanakan Foging di Rw 2  Rw 3 Kel Tambran   Kec/Keb Magetan, Rabu(9/1). Untuk mengantisipasi wabah nyamuk penyebar penyakit demam berdara, Kopka Widodo berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk melaksanakan fogging dilingkungan perumahan  warga.

Dengan cara itu diharapkan nyamuk tersebut bisa dimatikan, karena sangat berbahaya bagi warga. Disamping itu, Kopka Widodo juga menghimbau warga untuk turut serta menangulangi penyebaran penyakit demam berdarah. Selain foging, pemberantasan sarang nyamuk juga sangat penting. Diantaranya dengan melaksanakan 3 M plus.

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan. Program PSN , yaitu: 1) Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain 2) Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan 3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti 1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; 2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; 3) Menggunakan kelambu saat tidur; 4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; 5) Menanam tanaman pengusir nyamuk, 6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; 7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain. Jadi memberanta sarang nyamuk merupakan tanggungjawab kita semua. “pungkas Kopka Widodo”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saka Wira Kartika Binaan Koramil 0804/08 Barat dibekali Materi Kompas

Pengajian Haul KH. Abdul Karim Joyodipuro Almarhum Pimpinan Pondok Pesantren Singo Wali Songo Desa Becok

Babinsa Koramil 04 Parang Hadiri Pengajian Umum di Desa Binaanya