Babinsa Desa Kalang Dampingi PPL dalam Update data petani Miskin


MAGETAN JAWA TIMUR, Pemerintah Indonesia telah melaksanakan berbagai program bantuan sosial dan subsidi dalam upaya untuk memenuhi hak dasar, mengurangi beban hidup, serta memperbaiki kualitas hidup masyarakat kurang mampu. Berbagai bantuan sosial diberikan secara langsung kepada individu, keluarga, atau kelompok dari masyarakat kurang mampu melalui berbagai Kementerian/Lembaga pelaksana. Subsidi juga diberikan langsung kepada keluarga atau kelompok masyarakat, namun sebagian besar subsidi masih dalam bentuk subsidi barang. Hasil penelusuran berdasarkan mata anggaran di Kementerian Keuangan dengan kode akun 57 (dana bantuan sosial), akun 52 (dana bantuan pemerintah), dan akun 99 (anggaran subsidi) sedikitnya terdapat 89 program yang digolongkan sebagai program untuk masyarakat kurang mampu.


Pertanian merupakan sektor penting dalam pembangunan ekonomi, peran pertanian adalah sebagai sumber penghasil bahan kebutuhan pokok, sandang dan papan, memberikan lapangan kerja bagi sebagian besar penduduk, memeberikan sumbangan devisa yang tinggi terhadap pendapatan negara, disatu satu sisi masih banyaknya petani yang dikatagorikan sebagai petani yang dalam kesejahteranya yang masih berkekurangan sehingga pemerintah masih perlunya memberikan bantuan kepada kelompok tersebut.

Bertempat di Kantor Desa Kalang Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur Jumat (20/9) dilaksanakan kegiatan update data identifikasi peningkatan kesejahteraan petani miskin tahun 2019 yang dilakukan oleh PPL Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan yang di dampingi oleh Babinsa Desa Kalang Serda Sahrudin, dalam pendataan tersebut dilaksankan dengan mengisi blanko yang disiapkan dari Dinas pertanian dengan kriteria yang antara lain: 1. karateristik anggota rumah tangga. 2. Identifikasi potensi ekonomi keluarga. bidang(tamaman pangan, perkebunan, hortikultura, peternak/perikanan, olahan pangan). 3. Peluang /minat intrervensi bidang SDA.

Kemudian mendata juga data tentang Jenis Intervensi produktif bidang pertanian yang antara lain : Wajib : Prioritas pengembangan cabe rawit (untuk konsumsi keluarga)

Pilihan: 1. Pengembangan olahan hasil tanaman pangan, perkebunan, Hortikultura, peternakan/perikanan, bantuan berupa peralatan olahan pangan. 2. Pemanpaatan pekarangan Anggota rumah tangga, berupa aneka bibit, tanaman sayur, buah dan sarana prasarana. 3. Peningkatan produksi/produtifitas tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan.  Benih tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan.  alat panen dan pasca panen; sarana pengendalian OPT ramah lingkungan. 4. Pengembangan ternak kecil dan peralatan pembuatan pakan ternak

Pada pendataan tersebut PPL Desa Kalang Ibu Murayati menyampaikan "Pendataan ulang  identifikasi peningkatan kesejahteraan petani miskin tahun 2019 ini dilakukan untuk mengetahui kondisi terakhir para Petani yang selama ini mendapatkan bantuan dari pemerintah baik berupa pupuk maupun  bibit sehingga dapat tepat sasaran" Tuturnya

Hal senada disampaikan juga oleh Babinsa Desa Kalang yang ikut terlibat pendataan tersebut " dengan pendataan kembali para petani yang masuk katagori Miskin ini diharapkan apa yang menjadi program pemerintah dalam swa sembada pangang dapat betul-betul tepat sasaran dalam memberikan bantuannya sehingga dapat meningkatkan tarap kesejahteraan warga masyarakat khususnya yang berada di Desa Kalang" imbuhnya

Dalam pendataan tersebut juga melibatkan para kepala Dusun Desa Kalang dan menyingkronkan dengan data Kartu Keluarga yang ada sehingga mencegah dalam keluarga tersebut mendapatkan bantuan ganda mengingat masih adanya dalam satu rumah terdapat dua KK sedangkan lahan yang dikerjakan adalah sama dalam keluarga tersebut (udin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saka Wira Kartika Binaan Koramil 0804/08 Barat dibekali Materi Kompas

Pengajian Haul KH. Abdul Karim Joyodipuro Almarhum Pimpinan Pondok Pesantren Singo Wali Songo Desa Becok

Babinsa Koramil 04 Parang Hadiri Pengajian Umum di Desa Binaanya