Danramil 07/Karangrejo Berikan Materi Wawasan Kebangsaan Saat Pelatihan Linmas Desa Kauman


Magetan Jatim – Untuk siapkan Satuan Pelindung Masyarakat (Linmas) yang handal serta mempunyai wawasan kebangsaan di wilayah binaannya,
Komandan Koramil 07/Karangrejo Kodim 0804 Magetan Kapten Inf Arif W  memberikan pembekalan Materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada 28 Anggota Linmas Desa Kauman Kec. Karangrejo Kab. Magetan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Kauman ini bertujuan agar anggota Linmas tidak lupa akan sejarah dan hal-hal terkait lainnya dengan keutuhan bangsa Indonesia. Selain itu hal itu merupakan bagian upaya dalam rangka meningkatkan nasionalisme dan rasa kebangsaan warga negara sebagai suatu bangsa, yang bersatu dan berdaulat dalam suatu wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Selaku Narasumber, Danramil 07/Karangrejo Kapten Inf Arif W menjelaskan bahwa Wawasan Kebangsaan memiliki peran yang vital untuk mewujudkan keutuhan bangsa dalam mewujudkan tujuan Nasional Negara Indonesia. Dia juga menjelaskan bahwa saat ini, Indonesia mengalami krisis dimensional yang mengancam integritas bangsa dan negara.” Pudarnya rasa nasionalisme ini diakibatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat akan wawasan kebangsaan semakin minim,” Jelas Danramil.

Dia tidak menginginkan rasa cinta tanah air anak bangsa dilakukan dengan cara–cara yang salah, cara yang tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945, maka dari itulah harus diarahkan sejak dini agar nantinya para generasi muda ini dapat benar– benar menjadi generasi penerus bangsa yang mempunyai jiwa nasionalisme, cinta tanah air, bela negara dan siap memajukan NKRI menjadi bangsa pemenang.

” Termasuk keterlibatan kami dari Koramil 07/Karangrejo dalam pelatihan kepada Linmas ini merupakan salah satu upaya untuk membina komponen cadangan Sistem pertahanan dan Keamanan Nasional serta bekal bagi anggota Linmas sehingga akan tumbuh rasa cinta tanah air kepada generasi penerusnya,” .ungkap Kapten Inf Arif W.

Menurut Danramil, selain memperkuat Wawasan Kebangsaan dan meningkatkan kesadaran Bela Negara, pembekalan ini diharapkan dapat menambah kemampuan diri di lingkungan masyarakat, dalam rangka menghadapi berbagai potensi permasalahan yang akan dihadapi di masyarakat.” Sebagai pelayan masyarakat, perangkat Linmas di desa harus mampu menjadi sosok yang bisa di teladani oleh masyarakat, tidak hanya cerdas namun harus memiliki mental kualitas ideologi serta jiwa kepemimpinan yang kuat dari setiap individunya, ” Pungkasnya.

Sementara itu Babinsa Kauman Kopda Fajar Setiyono dan Babinkantibmas Bripka Bayu memberikan materi pelatihan “Pengendalian Keamanan dan Kenyamanan” kepada anggota Linmas Desa Kauman, dengan tujuan agar para Linmas tau tentang apa dan bagaiman tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai anggota Linmas, “Saya menghimbau kepada anggota Linmas Agar Pro Aktif dalam melaksanakan tugas Pengamananya di wilayah kelurahan masing-masing dan peka terhadap perkembangan situasi, karena Linmas merupakan mata, telinga masyarakat dan sebagai garda terdepan dalam penanganan masalah keamanan, ketentraman serta ketertiban sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.” Ungkap Babinsa Kauman Kopda Fajar Setiyono.

Tak hanya itu untuk membentuk Karakter Linmas, kepribadian yang disiplin dan cekatan Kopda Fajar Setiyono Juga memberikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) secara teori maupun praktek kepada anggota Linmas Desa Kauman.

Sementara itu Lurah Kauman Bpk. Dimas Galih mengucapkan, sangat sangat terimakasih kepada pihak Koramil 07/Karangrejo yang dengan sangat sabar saat melatih para anggota Linmas Desa Kauman.

Ia berharap pelatihan yang sudah di berikan bisa membentuk sikap, karakter dan perbedaan Linmas dengan warga masyarakat yang tidak dilatih. Perbedaan di sini tentunya dalam hal yang positif " pungkasny.(arif)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saka Wira Kartika Binaan Koramil 0804/08 Barat dibekali Materi Kompas

Pengajian Haul KH. Abdul Karim Joyodipuro Almarhum Pimpinan Pondok Pesantren Singo Wali Songo Desa Becok

Babinsa Koramil 04 Parang Hadiri Pengajian Umum di Desa Binaanya