Dampingi Muspika Kecamatan, Babinsa Dan Babinkamtibmas Mengecek Jembatan Amblas ( Longsor)


Melaboh, Berdasarkan dari informasi warga masyarakat yang melintas, tentang adanya jembatan yang amblas di wilayah binaannya, Babinsa Koramil 01/Sungai Mas Kopda Andri dan Babinkamtibmas Polsek Sungai Mas Brigadir Aryo Beserta Camat Kecamatan Sungai Mas Ibu Sariyati S.Pd.M.Pd  mengecek langsung ke lokasi guna memastikan keadaan tersebut, Rabu (29/04/2020).

Dari hasil pengecekan, terlihat jelas posisi amblas ( longsor) pada jembatan tersebut sudah memakan separuh dari badan jalan dengan kedalaman longsor ±5 meter namun jalan tersebut masih bisa di lalui oleh kendaraan kecil seperti mobil angkutan umum.


Adapun kegiatan yang dilakukan pada saat pengecekan tersebut yaitu melakukan pemasangan police line dan rambu rambu peringatan adanya longsor agar dapat di ketahui oleh pengguna jalan yang melintas guna menghindari adanya korban terperosok. Khususnya pada malam hari jalan tersebut tampak gelap dikarenakan letaknya yang jauh dari pemukiman dan melewati lereng perbukitan sehingga tidak ada lampu penerangan jalan.

Jembatan tersebut sebagai penghubung jalan antar kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Utara serta Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya  bahkan bisa tembus menuju Banda Aceh yang dimana jalan tersebut dulunya merupakan jalan alternatif untuk warga masyarakat  Aceh Barat terutama warga masyarakat Kecamatan Sungai Mas karena di anggap lebih dekat.


Menurut warga Kecamatan Sungai Mas yang sering melintas di jalan tersebut Saudara Ferdi (37) mengatakan kejadian amblasnya jalan pada jembatan tersebut sebenarnya terjadi sudah cukup lama sekitar ±2 atau 3 bulan kebelakang namun belum terlalu parah hanya memakan sepertiga badan jalan pada jembatan. Namun seiring dengan sering terjadinya hujan yang kian terus menerus, aspal pada badan jembatan tersebut terkikis air dan menjadi longsor ( amblas) sehingga saat sekarang sudah memakan setengah dari badan jalan pada jembatan, ungkapnya.

“ Dalam hal ini kami berharap agar Pemerintah Daerah turun tangan untuk memperbaiki jembatan yang amblas ( longsor ) agar tidak semakin menggerus aspal pada jembatan tersebut sehingga dapat mengakibatkan jalan putus total akibat terkikis air hujan yang dimana saat sekarang sering terjadinya hujan di wilayah tersebut,” tuturnya. (FZ)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saka Wira Kartika Binaan Koramil 0804/08 Barat dibekali Materi Kompas

Pengajian Haul KH. Abdul Karim Joyodipuro Almarhum Pimpinan Pondok Pesantren Singo Wali Songo Desa Becok

Babinsa Koramil 04 Parang Hadiri Pengajian Umum di Desa Binaanya