Menanam Sekarang Untuk Masa Depan Anak Cucu

 


Magetan
. Hari Menanam Pohon Indonesia yang disingkat dengan HMPI  di peringati setiap tanggal 28 november. Momentum ini dimanfaatkan oleh sekelompak pemuda yang tergabung dalam organisasi Karangtaruna Desa Baleasri Kec. Ngariboyo, Magetan. Dengan menghijaukan kawasan Embung Duwetsewu, Sabtu (28/11/2020)

 

Menurut Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Inf Ismulyono Tri Widodo, S.I.P yang didaulat memimpin “Gerakan Baleasri Menanam Satu Pohon Sejuta Manfaat” menuturkan, menanam pohon diketahui memiliki banyak manfaat positif bagi bumi dan makhluk hidup di sekitarnya, termasuk manusia. Dalam jangka waktu yang panjang, tanaman memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti menyerap emisi karbon penyebab pemanasan global, memproduksi oksigen dan menyerap karbon dioksida, menyimpan air hujan sumber kehidupan makhluk hidup, mencegah erosi, habitat bagi flora dan fauna endemik, sehingga ekosistem dalam wilayah Embung Duwetsewu tersebut tetap terjaga.

 

Oleh karenanya dalam momentum Hari Menanam Pohon Indonesia ini  selayaknya kita menyadari akan peran dan fungsi pohon yang urgent bagi kehidupan manusia. Konsep “one man one tree” bisa kita galakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan kita. Dimulai dari hal-hal kecil seperti memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam pohon, melakukan aktivitas sosial dengan berbagi bibit pohon, atau malah bantuan otot dan otak untuk daerah yang terkena dampak banjir dan longsor akibat pengundulan kawasan konservasi baik berupa edukasi, reboisasi, maupun rehabilitasi.

 

Dengan adanya kegiatan menanam pohon melalui Gerakan Baleasri Menanam Satu Pohon Sejuta Manfaat ini, kami berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi masyarakat sekitar. Selain itu, kami juga berharap tanaman dan pohon yang telah ditanam dan didukung oleh para pemuda ini dapat diberdayakan oleh masyarakat sekitar, sehingga dapat membantu mereka dalam meningkatkan perekonomian dan kualitas hidup mereka secara tidak langsung, “tuturnya”. (Pen0804)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengajian Haul KH. Abdul Karim Joyodipuro Almarhum Pimpinan Pondok Pesantren Singo Wali Songo Desa Becok

Putus Rantai Penyebaran Covid 19, Babinsa Belotan Dampingi Warga PSHT Adakan Penyemprotan Disinfektan Di Wilayah Binaan

Pondok Pesantren Tangguh Semeru di Desa Pojok Edukasi Santri Cegah Penyebaran Covid-19