Melalui jambanisasi, Kodim 0801 Pacitan, Ajak Masyarakat Hidup Sehat.


Pacitan Jatim - Babinsa Koramil 0801/10 Punung koptu suhermanto melaksanakan kegiatan karya bakti pembuatan jambanisasi bagi masyarakat kurang mampu dan yang belum memiliki jamban, kali ini Babinsa Koramil 0801/10 Punung menunjuk 4  sasaran pembuatan jambanisasi diantaranya di rumah bapak Sukarto (42 Tahun / Tani), Rt 01/03 Dusun Kendal Desa Mendolok kidul Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan. Senin (14/12/2020).

 

"Pembuatan jamban gratis bagi masyarakat miskin dan kurang mampu ini sebagai wujud kepedulian Kodim 0801 Pacitan terhadap kondisi masyarakat di wilayah binaan yang masih belum memiliki jamban, jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka akan berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan dan masyarakat itu sendiri, "ungkap koptu suhermanto.

 

Pembuatan jamban di wilayah Koramil 0801/10 Punung dilaksanakan secara tersebar di setiap Desa, sebelum pembuatan para Babinsa melakukan cek dan pendataan dilapangan sehingga akan tepat sasaran. “pembuatan jambanisasi ini merupakan bantuan dari Pemprov Jawa Timur, Meski dengan berbagai keterbatasan namun pengadaan jamban masih kita lakukan yang terpenting masyarakat bisa hidup sehat dengan memiliki jamban dirumah, ujar Danramil Koramil 0801/10 Punung Kapten Inf Sukilan

 

Sementara Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav. Ibnu Khazim, S.I.P., M.Si, saat di konfirmasi mengatakan, program pembuatan jamban tersebut merupakan penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat di beberapa wilayah jajaran Kodim 0801/Pacitan seperti di Koramil 0801/10 Punung ada 4 titik dan di Koramil 0801/03 Arjosari ada 5 titik serta Sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan.

 

“Kegiatan pembuatan jamban ini, merupakan wujud Karya Bakti TNI untuk kepentingan masyarakat, yang meliputi bidang fisik dan non fisik dalam rangka memantapkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat,” ujar Dandim.

 

"Kegiatan ini disamping dapat meringankan beban rakyat, juga jalinan komunikasi sosial juga akan tercapai guna memperkokoh kemanunggalan TNI-AD dengan Rakyat, melalui kegiatan jambanisasi ini mari kita wujudkan masyarakat sehat dan sejahtera", pukasnya. (swr/red)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengajian Haul KH. Abdul Karim Joyodipuro Almarhum Pimpinan Pondok Pesantren Singo Wali Songo Desa Becok

Penyaluran BLT-DD tahap II Di Desa Bayem wetan, Kec. Kartoharjo Berjalan Lancar

Wujud Kepedulian Babinsa Koramil Tipe B 0804/13 Bendo, Hadir Melayat Warga Meninggal Dunia di Wilayah Binaannya.